Skripsi Sistem Informasi - ID faun
Artikel Terkini :
Home » » Skripsi Sistem Informasi

Skripsi Sistem Informasi

Sudah menjadi kelaziman bahwa setiap mahasiswa tingkat akhir di perguruan tinggi untuk meyelesaikan belajarnya diharuskan untuk mengerjakan yang namanya tugas akhir, baik itu dalam bentuk skripsi maupun non-skripsi. Apa beda antara kedua tugas akhir tersebut?

Di jurusan Sistem Informasi STIMIK AMIKOM Yogyakarta, perbedaan utama terletak pada mata kuliahnya itu sendiri. Mengenai skripsi sepertinya sudah cukup jelas apa yang harus dikerjakan mulai dari analisis sampai pembuatan sistem. Untuk non-skripsi di beberapa perguruan tinggi lain, umumnya juga mengambil mata kuliah pengganti dengan jumlah bobot yang sama dengan skripsi.

Dan biasanya untuk non-skripsi juga diberikan beban tugas membuat makalah atau laporan yang tidak mudah. Jadi sebenarnya baik skripsi dan non-skripsi, tidak ada perbedaan yang mendasar. Hal-hal yang membedakan mungkin terletak pada persepsi dan cara pandang masyarakat saja.

Kembali ke topik utama ya, skripsi Sistem Informasi mengharuskan untuk menemukan suatu permasalahan dan kemudian membuat penyelesaian masalah tersebut. Ilustrasinya bisa digambarkan seperti ini :

Mahasiswa mensurvey sebuah organisasi/perusahaan untuk menemukan permasalahan yang dihadapi oleh organisasi/perusahaan tersebut, terutama yang berkaitan dengan proses bisnis dan berdampak pada kinerja organisasi/perusahaan. kemudian melakukan analisis terhadap kondisi yang ada di organisasi/perusahaan tersebut, menemukan inti permasalahan, dan merancang sistem yang dapat mengatasi permasalahan itu.

Jadi pada dasarnya, skripsi Sistem Informasi bukanlah penelitian dalam arti yang sebenarnya, melainkan pembuatan alat/produk/sistem. Kadar penelitiannya terletak di bagaimana melakukan usaha pengumpulan data, melakukan analisis berdasarkan disiplin ilmu yang dimiliki dan menghasilkan rancangan sebagaimana yang dikehendaki.

Sekian dulu penjelasanya, mau merancang skripsi untuk semester depan semoga selesai tepat waktu. Amin......
Share this article :

0 comments:

Apa yang anda pikirkan... !

 
Copyright © 2010 ID faun Support Cw - Download CV